Rabu, 21 November 2012

Mengatasi Anak yang Galak

0 komentar


Ada anak yang ringan tangan dan juga suka membentak. Dia terlihat galak dan ditakuti oleh teman-teman seusianya. Tidak jarang pulang ke rumah dengan wajah berantakkan karena telah memukul atau berseteru hebat dengan teman bermainnya. Orangtua pun cemas dengan kondisi ini, sangat khawatir jika kegalakan sang anak akan berlanjut hingga dewasa. Bagaimana mengatasi anak yang galak di usia 5 – 12 tahun ini?
  1. Redam marahnya. Jika Anda tahu dia sedang marah, redamlah sebelum kegalakannya muncul dengan memukul, membentak, atau melempar barang di sekitarnya. Pelukan yang paling nyaman dilakukan oleh Anda dan bisa meredakan marahnya dengan cepat. Biasakan memberikan pelukan setiap Anda tahu dia sedang bermasalah atau marah.
  2. Lawan jika perlu. Jika marahnya sudah terlanjur keluar, Anda bisa melawan kemarahannya. Melawan bukan dengan cara yang kasar tapi dengan cara yang bijak.
  3. Ajari sopan dan santun. Mulailah menyisipkan banyak nasehat ketika anak dalam kondisi stabil. Ajarkan dia sopan santun bagaimana berhubungan dengan orang lain dan dirinya sendiri. Kegalakannya hanya akan membuatnya rugi.
  4. Kendalikan emosinya. Mengatur dan mengendalikan emosi harus Anda tanamkan padanya. Anda bisa melakukan cara menyesuaikan dengan kesukaannya. Misalnya saja jika dia suka baca, maka berikan bacaan dimana cerita yang dihadirkan terkait dengan anak yang sabar dan baik, atau tokoh yang memiliki banyak teman karena sangat ramah. Temani dia ketika membaca sambil ajak berdiskusi mengenai cerita tersebut. Sampaikan karakternya yang galak dan minta dia untuk mulai mengendalikan emosinya sebab karakter itu hanya membuatnya dijauhi teman.
  5. Membuatnya rileks. Bisa saja anak Anda galak karena dia merasa tertekan atau stress. Siapa bilang tertekan atau stress tidak bisa menerpa anak-anak. Ini juga bisa terjadi. Untuk menyelesaikannya adalah dengan membuatnya rileks.
  6. Konsultasi dengan psikiater. Jika Anda sangat terganggu dengan  kegalakannya, Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater untuk mengatasi kegalakan anak.
Mengatasi anak yang galak di usia 5 – 12 tahun ini pantas Anda coba!
Sumber: http://artikelkesehatananak.com/mengatasi-anak-yang-galak.html

0 komentar:

Posting Komentar