Rabu, 21 November 2012

Kapan Waktu Sebaiknya Mengunjungi Dokter Anak

0 komentar
Saat si kecil mulai tidak enak badan, kapan waktu sebaiknya mengunjungi dokter anak? Apakah saat awal terasa mulai muncul gejala kurang enak badan pada anak atau setelah tiga hari pengobatan awal? Jika Anda mengingat pada masa Sekolah Dasar dulu, Anda sering dijelaskan prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan. Untuk menangani anak yang tidak enak badan, pada prinsipnya, Anda harus memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu. Pertolongan pertama yang harus dilakukan tentu berbeda tergantung bagaimana kondisi si anak dan sakit yang menyerang. Misalnya anak terserang flu, demam, batuk, kita bisa melakukan pertolongan pertama dengan memberikan kehangatan pada tubuh anak.

Orang Indonesia sudah terbiasa dengan minyak kayu putih. Usapkan minyak kayu putih merata di seluruh tubuh anak Anda yang mulai menunjukkan gejala atau tanda – tanda kurang enak badan. Biarkan hangatnya minyak dan usapan Anda menenangkan, dan juga uap minyak kayu putih terhirup sehingga melegakan pernafasan. Akan lebih baik lagi jika Anda segera merendam anak Anda pada air hangat, bisa dengan menggunakan bak mandi ataupun ember yang bisa menampung tubuh anak Anda, hingga bisa terendam hingga ke leher. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meredakan gejala awal sakit demam, flu dan batuk.

Menentukan Kapan Waktu Sebaiknya Mengunjungi Dokter Anak, Beberapa orang mungkin akan merasa kurang mantap jika tidak membawa anaknya yang sakit ke dokter. Lalu kapan waktu sebaiknya mengunjungi dokter anak? Untuk gejala umum yang ditemui, Anda bisa usahakan pengobatan sendiri terlebih dulu di rumah. Misalnya anak Anda sering flu saat kelelahan, berikan penanganan seperti yang selama ini dilakukan. Jika penyakitnya kambuhan, harus selalu tersedia obat – obat tertentu sesuai petunjuk dokter. Sesuai informasi umum yang tertera di bagian obat yang dijual, kita bisa menemukan keterangan jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Batas maksimal pengobatan sendiri di rumah adalah tiga hari. Jika dalam tiga hari tidak menunjukkan gejala membaik, maka segera bawa ke dokter. Namun untuk penyakit – penyakit tertentu seperti demam tinggi, cacar air dan penyakit lain yang bukan merupakan flu ringan, anak Anda harus segera dibawa ke dokter anak dan ditangani lebih lanjut oleh dokter tersebut. Kini Anda bisa menentukan kapan waktu sebaiknya mengunjungi dokter anak dengan memahami pola kesehatan anak Anda.

0 komentar:

Posting Komentar