Minggu, 11 November 2012

Melatih Disiplin Waktu pada anak (usia 5-12thn)

0 komentar
 
Mengajarkan atau melatih disiplin waktu pada anak (usia 5-12 tahun) bisa disebut mudah namun perlu ketekunan dan konsistensi dari orangtua yang memberi contoh mengenai hal itu. Jadi, bagaimana orangtua bisa secara efektif mengajarkan anak mengenai disiplin waktu? Salah satunya adalah dengan mengajarkan pada anak bagaimana mengatur waktu. Ajarkan secara dini bagaimana anak mengerti waktu.
 
Jika Anda ingin membuat anak bisa mengatur waktunya sendiri maka membaca waktu adalah satu langkah awal. Keuntungan lain dari mengenalkan angka yang tertera di dalam jam adalah anak akan lebih bertanggung jawab dan disiplin karena sudah bisa menghitung waktu dan paham pentingnya waktu.
 
Misalnya ketika anak ingin makan es krim atau cemilan, katakan padanya dia boleh mendapatkan benda itu pada jam 4 sore. Kemudian tunjukkan padanya angka 4 di jam dinding yang akan memberitahu dia kapan es krim itu boleh dia dapatkan. Hal ini juga mengajarkan anak kesabaran. Saat dia meminta hal lain, anak akan tahu bahwa aktifitas itu dilakukan dalam waktu yang berbeda-beda.
 
Melatih disiplin waktu pada anak (usia 5-12 tahun) juga bisa dilakukan dengan cara mengajarkan anak menentukan prioritas. Dengan mengajarkan prioritas ini, anak akan tahu caranya membagi waktu diantara aktifitas berbeda. Dia akan belajar menghabiskan waktu dan cara menguranginya. Ajarkan hal itu dengan menggunakan prinsip hadiah. Jika dia selesai mengerjakan pekerjaan rumah lebih dulu, dia boleh menonton televisi sampai tiba waktunya untuk tidur.
 
Namun jika anak ingin menonton lebih dulu, dia hanya bisa menonton untuk beberapa saat saja. Anak akan memikirkan dua hal berbeda. Sarakan padanya untuk menyelesaikan yang utama dulu. Jelaskan pada anak keuntungan dari dua pilihan yang selalu ada, semoga anak bisa memahami hal ini sampai nanti dia bisa membuat keputusan sendiri.
 
Yang terakhir, yang harus Anda ingat sebagai orangtua adalah melibatkan kesenangan dalam melatih disiplin waktu pada anak (usia 5-12 tahun). Beri penjelasan padanya bahwa mengatur waktu itu menyenangkan dan dia akan belajar mengerti keseimbangan antara tanggung jawab dan kesenangan itu sendiri.
Sumber: http://artikelkesehatananak.com/melatih-disiplin-waktu-pada-anak-usia-5-12thn-2.html

0 komentar:

Poskan Komentar