Minggu, 11 November 2012

Kecil-kecil 'Udah' Naik Haji

0 komentar
Labbaika Allahumma labbaika, Labbaika la syarika laka labbaika. Innal hamda wanni’mata laka wal mulka. laa syarika laka 

Ratusan anak PAUD, termasuk di dalamnya PAUD Lalala Yeyeye tampak antusias melafalkan bacaan haji tersebut. Mereka sedang mengikuti kegiatan manasik haji anak di Lapangan Balakuta, Kamis (25/10). Kegiatan manasik haji ini merupakan kegiatan tahunan yang telah dilakukan sejak tahun 2000 lalu yang diikuti oleh berbagai PAUD di daerah Bandung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji sejak dini kepada siswa PAUD. Dengan melakukan simulasi tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar.
Murid PAUD Lalala Yeyeye berpose setelah manasik haji
salah satu orangtua dan murid PAUD Lalala Yeyeye berpose di depan 'ka'bah'
Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat terbangun semangat kebersamaan antara PAUD se-Bandung. Dan yang terakhir adalah untuk membangun semangat solidaritas, tanggungjawab dan kerja keras. Karena ketika melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah dibutuhkan kondisi fisik yang kuat, tanggungjawab yang besar dan disiplin yang tinggi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan pengetahuan yang didapatkan anak–anak pada hari ini mampu diingat hingga dewasa, ketika mereka mampu melakukan ibadah haji bisa dilaksankan dengan baik dan benar sesuai ketentuan agama Islam.

Dalam pelaksanaan manasik tersebut semua siswa mengenakan sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu. Sementara siswi mengenakan pakaian serba putih dengan kerudung berwarna putih pula. Selanjutnya 27 kloter manasik haji bergiliran melakukan tawaf dengan cara mengelilingi miniatur kakbah sebanyak tujuh kali, seperti yang dilakukan ketika melakukan ibadah haji di tanah suci.

0 komentar:

Posting Komentar